Advertisements

Apa yang baru di Jelly Bean (Android 4.1)

Menyimak Fitur2 Baru Jelly Bean (Android 4.1); Sepertinya Google tidak mau berhenti berinovasi dengan keluarga Androidnya. 6-8 Bulan yang lalu ketika memperkenalkan ICS (Ice Cream Sandwich) Google berharap agar perangkat segera upgrade ke Sistem Operasi ini, akan tetapi diluar dugaan harapan penetrasi ICS belum bisa dibilang berhasil. Salah satu sebabnya adalah diversifikasi perangkat Android sendiri yang terlalu besar.

Hal ini dikarenakan Google sendiri membuat Android terbuka, jadi produsen HP bisa menggunakannya dengan mudah, maka dari itulah yang membuat produsen HP membuat perangkat dengan spesifikasi yang beragam. Akibat dari itu tentu saja produsen HP jarang yang berfikir apakah perangkatnya nanti bisa diberikan Operating System Android yang lebih baru. Bagi produsen yang penting adalah laku.

Kembali ke Jelly Bean (Android 4.1) ini, pada event Google I/0 2012 ini Jelly Bean mengusung beberapa fitur baru, yang jelas dari 4.0 ke 4.1 ini jangan berharap akan ada perubahan yang signifikan seperti halnya Ginger Bread ke Ice Cream Sandwich dulu.

Advertisement

Video Pengumuman Jelly Bean di Google I/O 2012

Tapi terlepas dari itu beberapa fitur baru ini layak diacungi jempol. Dan berikut beberapa Fitur Jelly Bean:

Update Fitur Notifikasi di Jelly Bean
Update Fitur Notifikasi di Jelly Bean

Jelly Bean lebih cepat, lebih halus dan lebih responsive

Jelly Bean 4.1 membawa Project Butter sebuah engine baru yang membuat Jelly Bean lebih gesit dibanding Ice Cream Sandwich.

Perbaharuan Notifikasi

Salah satu perbaikan Notifikasi. Ketika ada notifikasi baru, kita bisa memperluasnya atau expand untuk melihat lebih detail tanpa harus ke aplikasinya tersebut.

Voice Search dan Google Now

Google Now bisa jadi menjadi jawaban atas Apple Siri, tapi disini Google Now lebih kepada menawarkan pencarian dengan lebih visual, manarik dinatni.

Widget yang bisa diubah ukurannya

Lupakan masalah ketika ukuran widget terlalu besar, dengan Jelly Bean ukuran widget bisa kita rubah ukurannya untuk kita sesuaikan dengan ukuran atau kondisi layar/display kita.

Foto Kontak Resolusi Tinggi

Beberapa orang sering protes karena Kontak Foto di Android kita dirubah menjadi ukuran biasa dan ndak bagus, di Jelly Bean sekarang kita bisa menggunakan Foto Resolusi Tinggi yang membuat tampilan kontak lebih keren.

Perbaikan di Android Beam

Seperti milik Samsung Galaxy SIII, sekarang dengan NFC kita bisa share foto dan video dengan lebih mudah. Kita juga bisa sharing koneksi Bluetooh dengan cara lebih cepat

Android Browser dukung penuh HTML 4

Saya masih heran, disatu sisi Google Chrome sudah lepas dari Beta akan tetapi tidak memutuskannya sebagai Default Browser dari Android 4.1 akan tetapi memilih Chrome sebagai alternatip browser. Terlepas dari itu Android Browser juga diberikan optimasi sana sini termasuk dukungan video HTML 5

Manajemen Quota Data

Ice Cream Sandwich telah menyertakan fitur ini dengan cantik, di Jelly Bean diberikan perbaikan yang lebih keren lagi.

Perbaikan Audio

Saya belum bisa menjelaskan lebih detail disini akan tetapi yang jelas di Jelly Bean ini ada perbaikan dalam hal multichannel audio,USB audio lebih baik untuk docks, dan juga audio chaining.

Itulah beberapa update Jelly Bean (Android 4.1). Perangkat yang akan beruntung mendapatkan update ini pertama kali adalah Samsung Nexus S, Samsung Nexus Galaxy, Motorola Zoom dan akan hadir mulai pertengahan Juli 2012 ini. Jadi yang memiliki perangkat tersebut siap2lah menanti ;) Bagi pengguna Ice Cream Sandwich dari pihak ketiga seperti Samsung, HTC, Sony dan merek2 lain. Silahkan kontak yang bersangkutan ;)

Ada pembaca yang bertanya apakah Galaxy SIII/S3 bisa di upgrade ke Jelly Bean. Kalau menyimak spesifikasi, sangat bisa. Tapi kalau menanti update resmi dari Samsung kami belum memberikan kepastian. Langkah termudah tentunya adalah dengan install Custom ROM yang pastinya akan tersedia banyak di XDA Developer atau forum2 sejenis. Jadi sabar saja. :)


About Panduan Android

Kami adalah Komunitas pengguna Android di Indonesia, kami mencoba berlatih dan menggunakan Sistem Operasi Android dalam keseharian kehidupan kami demi tujuan Smartphone yang lebih baik, lebih cepat dan lebih cerdas.. inilah waktunya Smartphone yang mengerti anda

5 Responses to “Apa yang baru di Jelly Bean (Android 4.1)”

  1. Anonymous

    [...] HP/Handset apa aja yang akan bisa menerima dan bisa update ke Jelly Bean atau Android 4.1 yang mana fiturnya Jelly Bean aduhai itu. Berikut list dari kami dan akan kami perbaharui selalu. Semoga [...]

    Reply
    • Panduan Android

      Mahal itu berapa mas Joe? Setau kami yang akan dapat upgrade ke Jelly Bean itu Galaxy Note 2, Galaxy S3, Galaxy Tab 2 bukan yang 1. Tapi semoga aja bisa dapat..

      Reply
  2. Anonymous

    samsung galaxy tab 2 bisa kah di upgrade..? n klo bisa gmn y caranya.l?

    Reply

Leave a Reply