banner 468x60

Realme U1 vs Honor 8X, Duel Smartphone Berlayar Bongsor

 0
Realme U1 vs Honor 8X, Duel Smartphone Berlayar Bongsorby adminon.Realme U1 vs Honor 8X, Duel Smartphone Berlayar BongsorJelang pergantian tahun, pasar smartphone tanah air bakal kebanjiran ponsel baru dari berbagai merek. Tak hanya smartphone dengan harga mahal, smartphone dengan harga di bawah 3 jutaan pun akan bisa didapatkan dengan mudah. Salah satunya adalah smartphone besutan Realme yang bernama Realme U1. Smartphone yang sudah memulai debutnya secara global pada akhir November yang lalu […]
banner 468x60

Realme U1 vs Honor 8X

Jelang pergantian tahun, pasar smartphone tanah air bakal kebanjiran ponsel baru dari berbagai merek. Tak hanya smartphone dengan harga mahal, smartphone dengan harga di bawah 3 jutaan pun akan bisa didapatkan dengan mudah. Salah satunya adalah smartphone besutan Realme yang bernama Realme U1.

Smartphone yang sudah memulai debutnya secara global pada akhir November yang lalu dikonfirmasi akan segera diresmikan di pasaran dengan harga jual yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yakni Realme 2 Pro series. Di kelas smartphone dengan harga jual 3 jutaan. Sudah banyak perangkat smartphone yang beredar salah satu diantaranya adalah Honor 8X.

Kali ini, PULSA ingin membandingkan fitur yang tertanam pada kedua smartphone ini yakni Realme U1 dan Honor 8X. Dengan kisaran harga jual yang tidak jauh berbeda, tentunya bakal membuat konsumen bingung memilih smartphone mana yang lebih baik untuk dibeli. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

Desain

Realme: 157 x 74 x 8 mm / 168 g; Front Glass/Back Plastic, Alumunium Frame

Honor: 160.4 x 76.6 x 7.8 mm / 175 g; Front/back glass, aluminum frame

Sebagai smartphone terkini, kedua smartphone ini memiliki tampilan desain yang hampir mirip dimana pada bagian depan dan belakang. Namun, material yang ditanamkan pada kedua perangkat ini sedikit berbeda. Honor 8X membenamkan material kaca pada bagian depan dan belakangnya. Sementara Realme U1 hanya membenamkan material kaca pada bagian depannya saja. Untuk kover body belakang masih dibalut dengan material yang terbuat dari plastik namun sudah dilapisi dengan  sudah menyematkan lapisan bahan akrilik khusus yang tampilannya menyerupai kaca. Kedua smartphone ini sama-sama menampilkan tampilan desain yang sangat menawan yang membuatnya sangat menggoda untuk dimiliki.

Dari sisi ukuran smartphone itu sendiri, Honor 8X tampil dengan ukuran yang sedikit lebih bongsor. Hal ini dikarenakan Honor 8X memiliki ukuran layar yang mencapai 6.5 inci dan bobot mencapai 175 gram. Sementara itu, Realme U1 yang memiliki ukuran layar yang sedikit lebih mungil yakni 6.3 inci memiliki bobot yang tidak jauh berbeda yakni 168 gram.

Apiknya lagi, kedua smartphone ini juga memiliki ukuran body yang sangat slim dikelasnya. Honor 8X memiliki ketebalan hanya 7.8mm sedangkan Realme U1 memiliki ketebalan body 8 mm.

Dari sisi fungsionalitas desain yang ditanamkan. Baik Honor 8X dan Realme U1 sama-sama membenamkan kamera ganda di bagian belakang yang ditemani dengan sensor sidik jari. Sedangkan di bagian depannya kedua smartphone ini hanya membenamkan kamera depan 1 lensa yang ditempatkan pada poni layar.

Layar dan OS

Realme: LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.3 inches, 97.4 cm2 (~83.9% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density), Multitouch, Corning Gorilla Glass 3; ColorOS 5.2, OS Android 8.1 Oreo

Honor:  LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.5 inches, 103.2 cm2 (~84.0% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~397 ppi density), Multitouch, Corning Gorilla Glass 3; EMUI 8.2, OS Android 8.1 Oreo

Masuk ke sektor layar, baik Honor 8X dan Realme U1 sama-sama sudah dibekali dengan tampilan layar kekinian yang memberikan kenyamanan saat digunakan dalam mendukung beragam aktivitas pengguna mulai dari bermain game hingga aktivitas lainnya.

Honor 8X hadir dengan ukuran layar yang besar berdimensi 6.5 inci, layar yang tertanam sudah didukung dengan teknologi layar LTPS yang memberikan kualitas layar yang tajam dan jernih. Tak hanya itu, layar yang tertanam ini sudah dibekali dengan resolusi layar FHD+ dengan rasio layar 19.5:9 serta sudah dilapisi dengan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Tak jauh berbeda dengan Honor 8X, Realme U1 yang memiliki ukuran layar 6.3 inci juga mengadopsi teknologi layar LTPS, resolusi layar FHD+, rasio layar 19.5:9 dan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Sementara untuk tampilan antarmukanya, kedua smartphone ini sama-sama mengusung OS Android 8.1 Oreo dengan kustom UI yang berbeda. Honor 8X memiliki tampilan khas smartphone Huawei dengan dukungan EMUI 8.2. Sementara Realme memiliki UI khas smartphone keluaran OPPO dengan Color OS 5.2.

Kedua smartphone ini juga menanamkan beragam fitur menarik didalamnya yang bisa membantu aktivitas pengguna mulai dari gesture serta aplikasi pendukung lainnya.

Kinerja

Realme: Mediatek Helio P70 (12nm), Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G72 MP3; Baterai 3500 mAh; RAM 4/3GB, memory internal 32/64GB, slot kartu microSD up to 256GB

Honor: Hisilicon Kirin 710 (12 nm); Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G51 MP4; Baterai 3750 mAh; RAM 4GB, memory internal 128GB, slot kartu microSD up to 256GB

Beralih ke sektor kinerja, kedua smartphone ini sudah dibekali dengan prosesor octa-core dengan fabrikasi 12nanometer, namun dengan produsen chipset yang berbeda. Honor menggunakan chipset besutan Huawei yakni Kirin 710 sementara itu, Realme lebih mempercayakan chipset Mediatek  versi terbaru yakni Helio P70.

Jika dibandingkan siapa yang jauh lebih baik, saat ini PULSA belum menguji perangkat smartphone dengan chipset Mediatek Helio P70. Namun berdasarkan ulasan reviewer global, kinerja Helio P70 tidak jauh berbeda dengan Kirin 710. Hal ini tidak terlalu mengejutkan, karena Helio P70 merupakan prosesor upgrade dari Helio P60 yang memiliki kinerja yang sangat baik dalam mengakomodasi beragam aktivitas.

Sementara untuk faktor penunjang chipset yang tertanam, Honor 8X tersedia dengan RAM sebesar 4GB dan memory internal 128GB. Sementara itu, Realme tampil lebih bervariasi dengan opsi RAM 3GB dan 4GB serta memory internal mulai 32GB dan 64GB. Untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari, Honor 8X sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 3750 mAh. Kapasitas baterai yang tertanam pada Honor 8X sedikit lebih besar dari Realme U1 yang hanya dibekali dengan baterai 3500 mAh.

Menariknya, untuk proses pengisian baterai keduanya sama-sama membekalinya dengan teknologi fast charging 2A/10W.

Kamera

Realme: (back) 13 MP, f/2.2, AF + 2 MP, f/2.4, depth sensor; Video: 1080p@30fps; (front) 25 MP, f/2.0, 1/2.8″, 0.9um

Honor: 20 MP, f/1.8, 27 mm (wide), PDAF + 2 MP, depth sensor; Video: 1080p@30fps; (front) 16 MP, f/2.0, 26 mm (wide)

Dari sektor fotografi kedua smartphone ini memiliki keunggulan yang berbeda. Honor 8X lebih memaksimalkan kamera belakangnya dengan besaran resolusi yang jauh lebih besar. Sementara itu, Realme memfokuskan pada kamera selfie yang ditanamkan dengan membenamkan kamera depan dengan resolusi 25 megapiksel yang sangat memanjakan para millenials dalam aktivitas selfie.

Honor 8X hadir dengan kamera belakang yang memiliki konfigurasi 20 megapiksel plus 2 megapiksel. Menariknya, kamera utama pada bagian belakangnya sudah dibekali dengan mode wide dan fitur PDAF untuk mendapatkan kecepatan autofokus yang lebih cepat. Sedangkan Realme U1 memiliki kamera belakang dengan konfiguasi 13MP + 2MP. Diatas kertas, kualitas fotografi Honor 8X jauh lebih baik dibandingkan dengan Realme U1.

Fitur Tambahan:

Realme: Fingerprint, NFC, 4G LTE

Honor:  Fingerprint, NFC, 4G LTE

Menemani fitur-fitur yang tertanam di kedua perangkat ini, keduanya sama-sama dibekali dengan fitur pendukung yang cukup lengkap. Mulai dari sensor sidik jari yang memberikan perlindungan perangkat, NFC untuk akses pembayaran virtual, dan tentunya akses jaringan 4G LTE.

Kesimpulan

sama-sama dibekali dengan teknologi fitur dan spesifikasi kekinian, kedua smartphone ini sama-sama memberikan kenyamanan dari sisi penggunaannya. Meski begitu, kedua perangkat ini tentunya memiliki perbedaan dan keunggulan yang berbeda. Honor 8X unggul dari sisi material desain, ukuran layar serta kamera belakang yang ditanamkan. Sementara itu, Realme U1 menarik dari sisi kamera selfie yang ditanamkan.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply