banner 468x60

Perangkat Android Masih Didominasi Nougat

 0
Perangkat Android Masih Didominasi Nougatby adminon.Perangkat Android Masih Didominasi Nougat  panduandroid.com – Angka distribusi sistem operasi Android terbaru kembali dirilis. Berdasarkan data di distribution dashboard developer Android, sebagian besar perangkat masih menggunakan versi Android Nougat. Dikutip dari Phone Arena, Senin (3/9/2018), Android 7.0 Nougat menguasai perangkat Android dengan distribusi mencapai 30,8 persen. Pembagiannya adalah versi 7.0 sebesar 10,5 persen, sedangkan 7.1 dengan 20,3 persen. Setelah Nougat, yang selanjutnya banyak digunakan adalah […]
banner 468x60

Ilustrasi Android

 

panduandroid.com – Angka distribusi sistem operasi Android terbaru kembali dirilis. Berdasarkan data di distribution dashboard developer Android, sebagian besar perangkat masih menggunakan versi Android Nougat.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (3/9/2018), Android 7.0 Nougat menguasai perangkat Android dengan distribusi mencapai 30,8 persen. Pembagiannya adalah versi 7.0 sebesar 10,5 persen, sedangkan 7.1 dengan 20,3 persen.

Setelah Nougat, yang selanjutnya banyak digunakan adalah Android 6.0 Marshmallow dengan distribusi sebesar 22,7 persen, turun dari periode Juli 23,5 persen.

Posisi selanjutnya ditempati oleh gabungan Android 5.0 dan 5.1 Lollipop dengan 19, 2 persen, diikuti Android KitKat dengan 8,6 persen.

Posisi lima besar ditutup oleh Jelly Bean versi 4.1.x-4.1.3 sebesar 3,5 persen, sedangkan Ice Cream Sandwich dan Gingerbread sama-sama masih digunakan pada 0,3 persen perangkat Android.

Adapun Android 8.0 dan 8.1 Oreo kini digunakan pada 14,6 persen perangkat Android, naik 12,1 persen dari periode sebelumnya.

Distribusi Oreo diyakini akan terus tumbuh sebelum Android Pie mulai tersedia ke lebih banyak perangkat pada akhir tahun ini.

Untuk saat ini, Android 9.0 tersebut baru tersedia untuk handset Pixel dan Essential Phone.

Distribution dashboard developer Android ini merupakan kumpulan data yang dikumpulkan oleh Google selama tujuh hari, yang berakhir ada 31 Agustus 2018. Versi dengan kurang dari 0,1 persen tidak ditampilkan dalam laporan ini.

Serba-serbi Android Pie yang Patut Kamu Ketahui

Android Pie

Android Pie adalah nama resmi dari OS baru Google, Android 9. OS baru ini telah tersedia untuk ponsel Pixel dan Essential Phone, sedang peluncuran untuk perangkat lain akan menyusul pada tahun ini dan 2019.

OS Android 9 Pie hadir dengan serangkaian perubahan desain, fitur, serta memiliki fokus besar pada Artificial Intelligence (AI, kecerdasan buatan). Google disebut berusaha membuat ponsel lebih personal, efisien dan mudah digunakan.

Android 9 Pie memang telah dirilis, tapi masih banyak pengguna harus bersabar untuk bisa mencicipinya dan kemungkinan menunggu sampai tahun depan.

Berikut informasi tentang rincian peluncuran Android 9 Pie, seperti dikutip dari Tech Radar, beberapa waktu lalu:

1. Peluncuran Android 9 Pie Perdana

Android P telah resmi dirilis, setelah sebelumnya Google menghadirkannya dalam versi beta.

Para pengguna ponsel Pixel bisa mendapatkan Android Pie secara gratis melalui over-the-air. Essential Phone juga mendapatkan OS tersebut mulai hari ini.

“Kami bangga membawa Android 9 Pie untuk Essential Phone di hari yang sama dengan peluncurannya,” tulis Essential dalam pengumumannya.

Lima smartphone Android pertama yang bisa mencicipi OS ini adalah Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel, Pixel XL dan Essential Phone.

Serba-serbi Android Pie yang Patut Kamu Ketahui (II)

Android Pie

2. Peluncuran Android 9 Pie Sebelum Akhir Tahun

Kabar baik untuk Sony, Xiaomi, HMD Global, Oppo, Vivo dan One Plus dan sejumlah perangkat Android One. Google mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut, yang berpartisipasi dalam program Android Pie beta, akan mendapatkan pembaruan OS pada akhir musim gugur.

Jika merujuk pada kisaran waktu itu, smartphoe Sony cs yang kompatibel akan mendapatkan pembaruan ke Android 9 Pie sebelum 21 Desember 2018.

3. Peluncuran Android 9 Pie Akhir 2018-2019

Lalu bagaimana nasib smartphone Samsung, LG, Motorola dan lainnya? Jajaran vendor itu kemungkinan akan mengumumkan tanggal peluncuran Android 9 Pie untuk produknya beberapa bulan lagi atau awal tahun depan.

Beragamnya waktu peluncuran ini sudah biasa bagi pembaruan Android, khususnya di Amerika Serikat (AS) karena membutuhkan persetujuan operator seluler.

Lebih lanjut, ada sejumlah ponsel lain yang dilaporkan menerima Android 9 Pie lebih awal yakni seri Pixel 3.

Google diyakini akan mengumumkan smartphone Pixel 3 dan Pixel 3 XL pada Oktober 2018. Sama seperti peluncuran seri Pixel lain, Pixel 3 dan 3XL akan melenggang dengan OS Android terbaru.

 

Sumber : liputan6.com

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply